Rainbow

Rainbow, Pelangi, seringkali datang atau muncul setelah hujan. Bentuk dan warnanya selalu sama. Cantik.
Begitu pula yang akan saya bagikan dan Anda baca di sini. InsyaAllah selalu membawa arti, setelah mungkin ada gerimis, hujan, atau bahkan badai dalam hidup Anda. Semoga semua tulisan ini dapat mencerahkan Anda seperti Pelangi, membawa makna baru, menghadirkan harapan baru.

Sabtu, 04 Juni 2011

Ciri-Ciri Bisnis Online Adalah SCAM

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Hello Semua ,

Mungkin ada di antara Anda yang baru memulai bisnis online, atau masih ada yang sudah lama bergelut di bisnis online tapi masih bingung dengan yang namanya SCAM. Kali ini akan saya ulas sedikit.

SCAM/penipuan di bisnis online banyak sekali terjadi. Ini karena orang-orang yang ingin mencoba bisnis online terlalu terburu-buru ingin sukses, tapi belum tahu ilmunya. Jadinya yang ada malah ceroboh, dan terlena dengan iming-iming hasil yang ditawarkan. Ada banyak sekali bisnis online tersebar di internet. Tumbuhnya seperti jamur di musim hujan. Lalu bagaimana menentukan/mengenali/mengidentifikasi bahwa sebuah bisnis online adalah SCAM atau bukan?

Ada beberapa tips sederhana, yang saya harap bisa digunakan sebagai “deteksi awal” untuk menscreening sebuah bisnis online. Saya rangkum dari beberapa teman, dan juga pengalaman pribadi, yaitu sebagai berikut:
1. Lihat tampilan webnya, apakah meyakinkan atau tidak. Walau tidak semua tampilan yang tampak meragukan adalah bisnis SCAM. Tapi dari tampilan yang tampak seragam atau unik, kita bisa menilai kreativitas si pemilik web, apakah dia hanya meniru, atau berinovasi dengan tampilan webnya.
2. Cek keabsahan webnya di www.who.is. Ini adalah web untuk mengetahui keterangan registrant, apakah situsnya masih aktif/tidak, apakah rankingnya masih bagus/tidak. Malah kita bisa lihat apakah hostingnya sesuai dengan keterangan si webnya/tidak.
3. Cek/periksa email kontaknya. Apakah email tersebut berupa email web atau email gratisan. Email dari web, biasanya berupa admin@web.com, atau contact@web.com. Pokoknya, alamat emailnya di belakangnya pasti adalah nama webnya. Jika email yang digunakan untuk kontak adalaah email gratisan (yahoo, gmail, dll.), maka waspadalah. Pemilik web yang serius dengan bisnis onlinenya sangat jarang menggunakan email gratisan, kecuali untuk back-up, atau hal urgen lainnya.
4. Jika tampilan webnya adalah berupa blog, berhati-hatilah. Semua yang gratisanitu kebanyakan adlah penipuan/kestabilan webnya diragukan.
5. Biasanya pemilik web akan menyertakan alamat dengan jelas. Jika alamatnya sama sekali tidak ada, Anda harus waspada.


Demikianlah beberapa cara singkat untuk menentukan apakah suatu bisnis online berpotensi SCAM atau tidak. Lebih kurangnya, saya mohon maaf.

Wallahu A’lam Bishowab.

Sukses Selalu!

Sri Vindhita

n.b.: jika ada yang mau menambahkan, dengan senang hati saya akan menerimanya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar